Fransisca 12140110022
Ilmu Komunikasi
: Pentingnya Peran Public Relation
Komunikasi merupakan suatu kegiatan
yang telah kita lakukan sejak kita masih berada di dalam kandungan. Dengan ibu
kita berbicara dengan perutnya, menempelkan alat musik pada perutnya, agar
janin bisa merasakan ketenangan pada saat mendengar musik tersebut. Itu semua
adalah komunikasi. Di zaman sekarang ini, komunikasi amatlah penting dalam kehidupan
kita, apabila tidak ada komunikasi yang baik dan benar tidak akan terjalin
hubungan yang baik pula, apabila tidak ada hubungan yang baik maka, tidak akan
ada perkumpulan orang dengan tujuan dan visi misi yang sama. Muhamad Mufid (
2007 : 3 ) mengatakan bahwa komunikasi merupakan proses dimana individu – dalam
hubungannya dengan orang lain, kelompok, organisasi atau masyarakat – merespons
dan menciptakan pesan untuk berhubungan dengan lingkungan dan orang lai.
Charles Bonar Sirait ( 2008a : 16 )
berpendapat bahwa dalam menyampaikan sebuah informasi, diperlukannya etika
berbicara, tidak boleh menggunakan bahasa informal. Menggunakan bahasa dan
kata-kata yang tepat merupakan cara berkomunikasi untuk tahapan dasar, atau
menurut istilah pakar peneliti pemasaran Belanda, Geert Hotstede low context.
Penggunaan bahasa sangatlah penting, oleh karena itu, dibuatlah mata kuliah
ilmu komunikasi, dimana kita bisa
belajar untuk menyusun kata demi kata yang akan kita ucapkan, dan bisa
menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dalam ilmu komunikasi terdapat
pembagian jurusan yang lebih spesifik, yaitu public relation, jurnalistik, dan broadcast. Public relation adalah komunikasi langsung antara satu individu
dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok,
atau bisa juga komunikasi secara intrapersonal.
Public berarti
Publik ( umum ), sedangkan relation
adalah relasi ( hubungan ) sehingga public
relation adalah hubungan umum antar masyarakat. Public relation juga tidak berdiri sendiri atau seorang saja,
melainkan sebuah organisasi yang terdapat sejumlah orang di dalamnya dengan
tujuan yang sama. Salah satunya adalah public
speaking. Public speaking
merupakan orang yang bertugas untuk menyampaikan informasi kepada publik dengan
cara berbicara di depan orang banyak. Pendapat lain dari Charles Bonar Sirait (
2008b : 16 ) yaitu Public speaking
dapat menjadi sarana untuk memperbanyak jumlah teman, kolega, kenalan, dan
lain-lain. Semakin banyak relasi yang kita kenal, maka akan semakin maju sebuah
organisasi public relation tersebut. Firsan
Nova ( 2009a : 31 ) menuliskan pada 1923, mendiang Edward Bernays ( salah satu
konsultan public relationdari Amerika
) menjelaskan fungsi konsultan public
relation, yaitu membangun persepsi
positif terhadap suatu produk, organisasi, atau individu. Firsan Nova ( 2009b :
27 ) juga menuliskan pendapat dari salah seorang wanita yang bekerja sebagai
PR, ia mengatakan “sekarang iklan saja tidak cukup tetapi perusahaan swasta
harus mengkomunikasikan produknya baik barang dan jasa kepada masyarakat
melalui strategi PR yang jitu,” kata Magdalena.
DAFTAR PUSTAKA
Bonar Sirait, Charles. 2008. The Power of Public Speaking.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mufid, Muhamad. 2007. Komunikasi & Regulasi Penyiaran.
Jakarta: Kencana
Nova, Firsan. 2009. CRISIS Public Relation.
Jakarta: Grasindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar