Minggu, 06 Januari 2013

catatan perut dan daftar pustaka


 Fransisca 12140110022
Ilmu Komunikasi : Pentingnya Peran Public Relation
Komunikasi merupakan suatu kegiatan yang telah kita lakukan sejak kita masih berada di dalam kandungan. Dengan ibu kita berbicara dengan perutnya, menempelkan alat musik pada perutnya, agar janin bisa merasakan ketenangan pada saat mendengar musik tersebut. Itu semua adalah komunikasi. Di zaman sekarang ini, komunikasi amatlah penting dalam kehidupan kita, apabila tidak ada komunikasi yang baik dan benar tidak akan terjalin hubungan yang baik pula, apabila tidak ada hubungan yang baik maka, tidak akan ada perkumpulan orang dengan tujuan dan visi misi yang sama. Muhamad Mufid ( 2007 : 3 ) mengatakan bahwa komunikasi merupakan proses dimana individu – dalam hubungannya dengan orang lain, kelompok, organisasi atau masyarakat – merespons dan menciptakan pesan untuk berhubungan dengan lingkungan dan orang lai.
Charles Bonar Sirait ( 2008a : 16 ) berpendapat bahwa dalam menyampaikan sebuah informasi, diperlukannya etika berbicara, tidak boleh menggunakan bahasa informal. Menggunakan bahasa dan kata-kata yang tepat merupakan cara berkomunikasi untuk tahapan dasar, atau menurut istilah pakar peneliti pemasaran Belanda, Geert Hotstede low context. Penggunaan bahasa sangatlah penting, oleh karena itu, dibuatlah mata kuliah ilmu komunikasi, dimana kita  bisa belajar untuk menyusun kata demi kata yang akan kita ucapkan, dan bisa menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dalam ilmu komunikasi terdapat pembagian jurusan yang lebih spesifik, yaitu public relation, jurnalistik, dan broadcast. Public relation adalah komunikasi langsung antara satu individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok, atau bisa juga komunikasi secara intrapersonal.
Public berarti Publik ( umum ), sedangkan relation adalah relasi ( hubungan ) sehingga public relation adalah hubungan umum antar masyarakat. Public relation juga tidak berdiri sendiri atau seorang saja, melainkan sebuah organisasi yang terdapat sejumlah orang di dalamnya dengan tujuan yang sama. Salah satunya adalah public speaking. Public speaking merupakan orang yang bertugas untuk menyampaikan informasi kepada publik dengan cara berbicara di depan orang banyak. Pendapat lain dari Charles Bonar Sirait ( 2008b : 16 ) yaitu Public speaking dapat menjadi sarana untuk memperbanyak jumlah teman, kolega, kenalan, dan lain-lain. Semakin banyak relasi yang kita kenal, maka akan semakin maju sebuah organisasi public relation tersebut. Firsan Nova ( 2009a : 31 ) menuliskan pada 1923, mendiang Edward Bernays ( salah satu konsultan public relationdari Amerika ) menjelaskan fungsi konsultan public relation, yaitu membangun persepsi positif terhadap suatu produk, organisasi, atau individu. Firsan Nova ( 2009b : 27 ) juga menuliskan pendapat dari salah seorang wanita yang bekerja sebagai PR, ia mengatakan “sekarang iklan saja tidak cukup tetapi perusahaan swasta harus mengkomunikasikan produknya baik barang dan jasa kepada masyarakat melalui strategi PR yang jitu,” kata Magdalena.

DAFTAR PUSTAKA

Bonar Sirait, Charles. 2008. The Power of Public Speaking.
   Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Mufid, Muhamad. 2007. Komunikasi & Regulasi Penyiaran.
   Jakarta: Kencana

 Nova, Firsan. 2009. CRISIS Public Relation.
   Jakarta: Grasindo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar