Kamis, 03 Januari 2013

Catatan Kaki


Komunikasi, Potret Kesuksesan
            Komunikasi dan kesuksesan ibarat dua sisi mata uang. [1]Komunikasi adalah potret diri yang akan menentukan bagaimana sebuah kesuksesan itu dapat diraih dengan sendirinya.  Persoalan utama adalah kita sering memandang remeh terhadap kontribusi komunikasi. Akibatnya, kita pun memperlakukan komunikasi seadanya, berbicara seadanya. Padahal, sebagai makhluk sosial kita selalu memerlukan sebuah kebersamaan dengan terjadinya harmonisasi hubungan.
            [2]Komunikasi adalah kekuatan yang akan memampukan seseorang mengarungi kehidupan dengan baik. Kekuatan komunikasi akan membimbing kita untuk berpikir jernih dan bertindak cerdas di tengah kerasnya persaingan hidup. Kekuatan komunikasi menyebabkan pencapaian kesuksesan dengan biaya rendah. Komunikasi menjadi kunci dalam memformulasikan sebuah keberhasilan. Artinya, dengan berkomunikasi segalanya menjadi serba murah. Komunikasi menyadarkan kita bahwa sebagai makhluk sosial kita tidak bisa melepaskan diri dari komunikasi. Inilah yang sesungguhnya mesti kita pahami bahwa komunikasi merupakan sesuatu yang bersifat pasti.
            [3]Ketidakmampuan manusia berkomunikasi dengan orang lain membuat dirinya seperti “katak dalam tempurung”. Ini disebabkan seluruh hidup manusia tidak akan lepas dari komunikasi. Bahkan, bisa dikatakan komunikasi adalah cara manusia (meng) ada dalam dunianya. Menurut [4]Peter L. Berger, hubungan antara manusia dan masyarakat berlangsung secara dialegtis dalam tiga momen; eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi.
            [5]Pada zaman yang sudah modern ini tentu saja komunikasi sudah sangat berkembang dengan pesat, perkembangan ilmu komunikasi khususnya di bidang teknologi diantaranya adalah teknologi siaran, satelit komunikasi, komputer, dan teknologi video. Dengan adanya teknologi komunikasi, kita tentu saja ikut terlibat dan menikmati perkembangan ilmu komunikasi seperti ini, semuanya menjadi sangat mudah untuk berkomunikasi karena komunikasi itu adalah alat yang penting untuk menjaga silaturahmi atau pun membangun kesuksesan kita sendiri.


[1] Sumartono Mulyodiharjo, The Power Of Communication (Jakarta: Gramedia, 2010), hlm.6.
[2] Ibid.
[3] Nurudin, Sistem Komunikasi Indonesia (Jakarta: RajaGrafindo persada, 2008), hlm.44.
[4] Ibid.,hlm.45.
[5] http://muthie-muthie.blogspot.com/2012/09/perkembangan-teknologi-komunikasi.html, diunduh pada 13 Desember 2012, pkl. 01.18 di Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar